teori kepuasan kerja

Teori Dua Faktor Two Factor Theory Prinsip dari teori ini adalah bahwa kepuasan dan ketidakpuasan kerja merupakan dua hal yang berbeda. Kepuasan Kerja Pengertian Kepuasan Kerja Setiap manusia mempunyai kebutuhan dalam hidupnya.


Teori Kepuasan Kerja

Teor i Kepuasan Ker ja J ob Satisfaction Berikut beberapa teori kepuasan kerja yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

. Menurut teori ini karakteristik pekerjaan dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yang satu dinamakan Dissatisfier atau hygiene factors dan yang lain dinamakan satisfier atau motivators. Bisa juga dikatakan bahwa kepuasan kerja merupakan suatu perasaan karyawan tentang menyenangkan atau tidaknya pekerjaan yang mereka. Seseorang bekerja tujuan utamanya untuk memperoleh penghasilan gunamemenuhi kebutuhannya selain itu juga untuk memperoleh kepuasan kerja.

Kepuasan dan ketidakpuasan kerja mungkin tidak ada perbezaan pada satu kontinum dan faktor yang sama tidak menggerakkan pekerja kepada satu arah tindakbalas yang sama. Teori Perbandingan Intrapersonal Discrepancy Theory Kepuasan atau ketidakpuasan yang dirasakan oleh individu merupakan hasil dari perbandingan atau kesenjangan yang. Pada umumnya ada 3 tiga teori yang dibicarakan berikut yang sering dibahas dan digunakan yaitu.

5 Kepuasan kerja itu sendiri the work it self. Teori ini juga mencari landasan tentang proses perasaan orang terhadap kepuasan kerja Valmband 2008. Discrepancy Theory Teori Perbedaan Teori pertama kalidipelopori oleh Porter 1961 yang mengukur kepuasan kerja seseorang dengan menghitung selisih.

Teori kepuasan kerja tradisional ini mempunyai logiknya tetapi dikritik kerana terlalu mudah pendekatannya terhadap masalah dalam pekerjaan. Kepuasaan kerja adalah suatu sikap yang efektif berupa. Menurut Wexley Yukl 1997 dalam Asad 2000 teori tentang kepuasan kerja ada tiga macam yaitu.

Teori Discrepancy Kepuasan atau ketidakpuasan dengan sejumlah aspek pekerjaan tergantung pada selisih discrepancy antara apa yang seharusnya ada harapan kebutuhan atau nilai-nilai dengan apa yang menurut. Umumnya orang akan merasa puas atas kerja yang telah atau sedang dilakukan apabila apa yang dikerjakan tersebut dianggap telah memenuhi harapannya sesuai. 222 Teori Kepuasan Kerja.

Porter mengemukakan bahwa untuk mengukur kepuasan kerja seseorang dengan menghitung. Beberapa teori disajikan untuk menjelaskan mengapa orang menyenangi pekerjaannya walaupun antara satu teori dengan teori yang lain saling menunjukkan prinsip yang berbeda. Teor i Pemenuhan Kebutuhan Need F ulfillment Theory Konsep Maslow tentang hierarki kebutuhan berasumsi bahwa kebutuhan yang lebih rendah tingkatannya harus dipuaskan terlebih dahulu sebelum kebutuhan yang lebih tinggi.

Kebutuhan yang dimiliki manusia sangatlah beragam. Irawanperwanda Rofiq Menurut Wexley dan Yukl 1977 teori-teori tentang kepuasan kerja ada tiga macam yang lazim dikenal yaitu. 6 Kemungkinan pengembangan karir the possibility of growth Sedangkan faktor pemelihara maintenance factor disebut juga hygiene factor merupakan faktor yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan untuk menjaga keberadaan karyawan sebagai manusia pemeliharaan ketentraman dan kesehatan.

Menurut Handoko 2000 kepuasan kerja adalah suatu keadaan emosional sebagai refleksi dari perasaan dan berhubungan erat dengan sikap karyawan sendiri situasi kerja kerjasama antara pimpinan dengan karyawan. Teori ini mengukur kepuasan kerja seseorang dengan menghitung selisih antara sesuatu yang seharusnya dengan kenyataan yang dirasakan. Teori Kepuasan Kerja.

Locke mengemukakan bahwa kepuasan kerja pegawai bergantung pada perbedaan antara apa yang didapat dan apa yang diharapkan oleh pegawai. Menurut WNewstrom dan Keith Davis dalam Hadari Nawawi 2003 kepuasan kerja adalah perasaan dan emosi senang atau tidak yang dimiliki pekerja terhadap pekerjaanya. Teori teori Kepuasan Kerja Teori tentang kepuasan kerja yang telah cukup terkenal adalah.

Teori kepuasan kerja menurut Robbins 2003 adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan yang diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima. ADiscrepancy TheoryTeori ini dipelopori oleh Porter 1961. Ada 4 teori di dalam kepuasaan kerja yaitu two factor theory value theory teori keadilan dan teori ketidaksesuaian.

Terdapat dua macam teori yang menjelaskan landasan proses perasaan seseorang terhadap kepuasan kerja yaitu. Adanya keinginan untuk memenuhi kebutuhan itulah yang mendorong manusia melakukan berbagai aktivitas. Teori ini pertama kali dipelopori oleh Porter.

Kepuasan seseorang antara satu dengan yang lainnya akan berbeda-beda. Teori kepuasan kerja mencoba mengungkapkan apa yang membuat sebagian orang lebih puas terhadap suatu pekerjaan daripada beberapa lainnya. Berikut ini penjelasan dari keempat teori kepuasan kerja yaitu.

Pengertian Kepuasan Kerja. Menurut Wesley dan Yulk 1977 yang dikutip oleh Asad 2004 dalam Melani dan Suhaji 2012 terdapat beberapa teori kepuasan kerja yaitu Discrepancy Theory Equity Theory dan Two Factor Theory. Teori Kepuasan Kerja Menurut Sihombing dalam Sudaryo Agus Nunung 2018 ada tiga macam teori tentang kepuasan kerja yaitu.

Teori Keadilan Teori keadilan merinci kondisi-kondisi yang mendasari seorang pekerja akan menganggap adil dan masuk akal insentif dan keuntungan dalam pekerjaannya. Ada beberapa teori tentang kepuasan kerja yaitu. Apabila yang didapat pegawai.

Pengertian Kepuasan Kerja Kepuasan kerja menurut Edy Sutrisno merupakan suatu sikap karyawan pekerjaan yang berhubungan dengan situasi kerja kerjasama antar karyawan imbalan yang diterima dalam kerja dan hal-hal yang menyangkut faktor fisik dan psikologis25. Ringkasan Teori Tentang Kepuasan Kerja Oleh. Teori Ketidaksesuaian Discrepancy theory.

Teori ketidak sesuaian Discrepancy theory. Seocara teori kepuasan kerja banyak diungkapkan oleh para ahli namun di sini akan dijabarkan 7 teori kepuasan kerja menurut para ahli yaitu sebagai berikut. TEORI KEPUASAN KERJA Terdapat banyak teori mengenai kepuasan kerja diantaranya adalah.

Ada beberapa teori kepuasan kerja yang cukup terkenal Mangkunegara 2008. Two Factor Theory Teori ini merupakan teori yang mengungkapkan kepuasan dan tidakpuasan adalah bagian dari kelompok variabel yang tidak sama. Secara sederhana kepuasan kerja merupakan sikap umum seorang karyawan terhadap pekerjaannya Robbins 1996.

Kepuasan dalam bekerja merupakan keinginan yang wajar bagi setiap karyawan. Sehingga apabila kepuasannya diperolah melebihi apa yang diinginkan. Ia berpendapat bahwa mengukur kepuasan dapat dilakukan dengan cara menghitung selisih antara apa yang seharusnya dengan kenyataan yang dirasakan pegawai.


Kepuasan Kerja Psikologi Industri Dan Organisasi


Materi 03 Sikap Dan Kepuasan Kerja Perilaku Organisasi


Teori Kepuasan Kerja


Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Pada Wirausaha Studi Deskriptif Pada Wirausaha Di Pertokoan Kranji Bekasi Barat Disusun Oleh Arum Manunggalwati Ppt Download


Materi 03 Sikap Dan Kepuasan Kerja Perilaku Organisasi


Materi 03 Sikap Dan Kepuasan Kerja Perilaku Organisasi


2


Kepuasan Kerja By Eky Yohana


Ringkasan Teori Tentang Kepuasan Kerja


Materi 03 Sikap Dan Kepuasan Kerja Perilaku Organisasi


Materi 03 Sikap Dan Kepuasan Kerja Perilaku Organisasi


Pdf Pengertian Dan Teori Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli Www Universitaspsikologi Com Universitas Psikologi Academia Edu


Teori Kepuasan Kerja


Full Kepuasan Kerja Pdf


Pengertian Kepuasan Kerja Indikator Cara Faktor Dan Teori


Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Spector Definisi Atau Pengertian Kepuasan Kerja Adalah Sikap Yang Merefleksikan Bagaimana Pera Kepuasan Kerja Motivasi Teori


Kepuasan Kerja


Pengertian Kepuasan Kerja Definisi Dan Pengertian Menurut Ahli


Teori Motivasi Nilai Sikap Kepuasan Kerja Motif 2

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel